Home » » Efek Samping Antibiotik Bagi Kesehatan Tubuh

Efek Samping Antibiotik Bagi Kesehatan Tubuh

  Efek Samping Berbahaya Antibiotik Bagi Kesehatan Tubuh sangat penting untuk kita ketahui bersama. Biasanya banyak orang mengkonsumsi antibiotik sebagai pencegah atau mengatasi penyakit yang akan menyerang tubuh kita. 
  Nah, ternyata antibiotik juga memiliki efek samping yang kurang baik bagi kesehatan tubuh kita. Biasanya antibiotik diberikan dengan resep dokter namun terkadang ada juga orang yang mengkonsumsinya tanpa resep dokter.
  Antibiotik tersebut merupakan suatu jenis obat dari dokter yang tidak seharusnya dibeli sendiri dan antibiotik yang dijual juga beragam jenisnya jadi sangat penting sekali.
  kita mengkonsumsi antibiotik sesuai dengan petunjuk dokter. Memang ada beberapa jenis infeksi yang bisa diatasi dengan antibiotik: misalnya luka bakar, radang tenggorokan, pilek, bronkhitis, dll, namun dalam mengkonsumsinya harus sesuai anjuran dari dokter yang sudah ahli dan tahu akan hal tersebut.        sebelum memberikan antibiotik kepada pasiennya terlebih dahulu dokter telah memeriksa pasien tersebut terkena bakteri atau tidak. Antibiotik memiliki efek samping yang berbeda-beda dari yang ringan sampai yang berat. Mengkonsumsi antibiotik dengan dosis dan atas resep dokter tidak memberikan efek samping yang cukup serius. Nah, yang jadi masalahnya jika mengkonsumsi secara pribadi tanpa resep dari dokter akan berakibat tidak baik bagi kesehatan tubuh.
  Terkadang orang hanya sekedar mengkonsumsi antibiotik sebagai pencegah atau mengatasi penyakitnya dan tidak menghiraukan efek samping yang akan terjadi pada tubuhnya baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. Nah, seperti apa efek samping dari mengkonsumsi antibiotik yang mungkin bisa anda alami, semuanya akan dikupas dalam entri ini.
  1. Diare: Ketika anda mengkonsumsi     antibiotik secara asal-asalan tanpa resep atau anjuran dokter akan menyebabkan terganggunya pada sistem pencernaan misalnya diare. Antibiotik yang bisa menyebabkan diare biasanya metronidazol atau amoxicilin. Selain diare juga akan berakibat lainnya seperti mual, kembung, nyeri pada perut, serta kram.
  2. Resistensi: Resintensi adalah dimana kondisi tubuh sudah kebal atau tidak mempan lagi terhadap obat antibiotik. Jadi jika sering mengkonsumsi antibiotik tanpa seijin atau resep dokter bisa mengakibatkan tubuh resistensi. Jika sudah demikian maka tubuh anda tidak mempan lagi dengan antibiotik biasa dan harus menggunakan antibiotik yang dosisnya tinggi untuk mengobati suatu penyakit. Mengkonsumsi antibiotik juga akan berdampak pada fungsi jantung menjadi terganggu seperti berdebar-debar, selain itu juga timbulnya rasa nyeri pada kepala, saraf. Nah, dengan demikian perlu anda waspadai efek samping dari konsumsi antibiotik.
  3. Gangguan ginjal: Selain gangguan fungsi jantung antibiotik juga berdampak pada organ ginjal anda. Pemakaian secara terus menerus khususnya tanpa anjuran dokter akan mengakibatkan fungsi ginjal menjadi terganggu. Bagi yang memiliki riwayat ginjal bermasalah lebih baik menghindarinya khususnya jenis aminoglikosida karena tidak aman bagi ginjal.
  4. Alergi kulit: Efek samping selanjutnya dari antibiotik yakni alergi pada kulit tubuh, hal ini mungkin sudah banyak yang merasakan terutama bagi yang asal-asalan mengkonsumsi antibiotik tanpa anjuran dari dokter. Ternyata jika seseorang alergi terhadap satu jenis antibiotik kebanyakan dia akan alergi juga terhadap antibiotik lainnya. Jadi jika sudah demikian biasanya yang tahu adalah dokter atau medis yang ahli di bidangnya. Alergi yang ditimbulkan biasanya seperti ruam di kulit, lidah, wajah, hingga susah untuk bernafas.         Efek Samping Antibiotik lainnya seperti gangguan fungsi hati, iritasi usus besar, produksi sel darah putih menurun, kebocoran usus bahkan sampai pada kematian. Dengan demikian efek samping perlu anda waspadai karena bisa membahayakan kesehatan tubuh. Jadi pastikan sebelum mengkonsumsi antibiotik pastinya anda harus tau terlebih dahulu akan bahaya atau efek sampingnya dan harus sesuai dari resep dokter dan tidak asal mengkonsumsi antibiotik.

1 komentar :

 
Support : Rosianto.Com
Copyright © 2013. Cerita Lama - All Rights Reserved
Template by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger